Senin, 27 April 2015

Bagaimana Gigi Menjadi Gigi Sensitif

Gigi Ku Bagus - Banyak pilihan pasta gigi. Satu rumah sering kali menggunakan satu pasta gigi yang sama. Anda yang tak sensitif giginya bisa saja menggunakan pasta gigi sensitif. Sehingga khawatir gigi Anda lama-kelamaan menjadi sensitif.

Tapi menurut drg Saiful SpOrt kebiasaan menggunakan pasta gigi sensitif ternyata aman.

“Perlu diketahui penyebab gigi sensitif karena adanya penipisan di lapisan paling luar gigi atau email gigi. Sehingga lapisan tengah gigi yang disebut dentin gigi menjadi terbuka dan tampak terjadi penurunan gusi,” jelas dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjaharanie (AWS) tersebut.

Dentin atau yang disebut dengan leher gigi, rawan menjadi sensitif apabila terkena rangsangan dari makanan atau minuman yang dingin atau panas. Hal tersebut karena lapisan di leher gigi sangat tipis dan menyambung ke ujung saraf gigi.

“Saat ada rangsangan dari makanan dan minuman, ujung saraf langsung bereaksi dan memicu rasa ngilu yang tajam. Selain makanan dan minuman, udara dingin pun dapat membuat gigi sensitif terasa ngilu. Pengendara roda dua yang mungkin sering mengalami,” ujarnya.

Saiful juga menyebut kebiasaan buruk cara menyikat gigi yang kurang tepat menjadi faktor gigi sensitif.

“Gerakan menyikat gigi yang tepat adalah dengan memutar sikat gigi dari atas ke bawah untuk rahang atas, dan rahang bawah sebaliknya. Gerakan sikat gigi yang salah akan meninggalkan karang gigi, bila dibiarkan dapat menumpuk dan mendesak gusi,” papar Saiful.

Menyikat gigi dengan tekanan kuat menyebabkan penipisan lapisan email gigi. Upaya menyikat gigi sebersih mungkin dan terlalu sering juga membuat dentin gigi Anda terbuka. “Lebih baik menyikat rutin dengan perlahan dan gerakannya benar. Gunakan pula sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut,” ujarnya.

Gigi sensitif, lanjut Saiful memang tidak akan menimbulkan efek yang dapat memperburuk kesehatan gigi dan mulut, seperti kematian gigi yang akan menyebabkan infeksi gigi.

“Tetapi, rasa ngilu yang berkepanjangan akan membuat Anda tidak nyaman dan kesulitan untuk makan atau minum. Lebih baik segera diobati, biasanya dokter akan memberi penguat untuk lapisan gigi dan obat anti ngilu. Penggunaan gigi sensitif juga bisa dilakukan tetapi hanya untuk tahap awal, bila ngilu berlanjut pasta gigi tersebut tidak banyak membantu,” tegas Saiful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar