Jumat, 22 Mei 2015

Jangan Kunyah Es Batu dan Buka Tutup Botol

Gigi Ku Bagus - Sebagian orang suka mengingit es batu. Meski rasanya tawar, menggigit es batu menimbulkan sensasi dingin yang menyenangkan di dalam mulut. Namun sebaiknya perlu dipertimbangkan efeknya bagi tubuh. Pasalnya, sering mengigit es batu dapat merusak gigi dalam jangka panjang. Termasuk pula, kerusakan juga dapat dialami oleh orang yang membuka botol memakai gigi.

Dikatakan dr N. Ramesh, pakar kesehatan gigi, kebiasaan membuka botol dengan gigi terlihat cukup sepele. Namun justru gigi bisa mengalami keretakan. Lebih baik meninggalkan kebiasaan tersebut daripada gigi menurun fungsinya.

“Selain itu, terlalu sering melakukan kebiasaan ini juga dapat membuat posisi gigi lama-lama bergeser. Ini mengapa sebaiknya Anda tetap lebih baik menggunakan alat khusus untuk membuka kemasan makanan atau membuka botol,” kata Ramesh, seperti dikutip Detik Health.


Sementara itu, mengunyah es batu dengan gigi juga mampu merusak struktur gigi. Beberapa efeknya adalah dapat memengaruhi sensitivitasnya. Ini akibat perubahan gaya makan dan minum dari suhu panas ke dingin dan sebaliknya. Demikian diungkapkan pakar kesehatan gigi lainnya, dr Preetha K.

Sangat disarankan untuk tidak lagi melakukan kebiasaan mengunyah es batu dan membuka botol dengan gigi. Selain itu jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dengan rutin terutama setelah makan dan sebelum tidur.

“Cegah karies gigi, yang paling gampang itu menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam. Itu yang belum banyak orang lakukan,” kata drg Martha Juslily, MBA, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar