Kamis, 16 April 2015

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Saat Mengalami Sakit Gigi

Gigi Ku Bagus - Para ibu hamil cenderung mengalami masalah pada kesehatan mulutnya. Yang paling sering terjadi adalah masalah peradangan gusi atau gusi berdarah. 

Perempuan yang sedang mengandung memang rentan mengalami kedua masalah mulut tersebut. Menurut dokter gigi sekaligus GSK Oral Care Health Expert Marketing, Jehezkiel Maratua, peradangan gusi atau gusi berdarah terjadi akibat adanya gangguan hormonal. 

"Gusinya bengkak dan berdarah karena ada perubahan hormonal," kata dokter Eki, saat ditemui di kawasan Serpong, Tangerang. "Gusi itu jaringan lunak, ada pembuluh darah. Itu terpengaruh saat ada perubahan hormonal," ujarnya melanjutkan. 

Menurut Eki, jika hal ini terjadi si ibu hamil harus segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Sebab, masalah kesehatan mulut tidak bisa disepelekan begitu saja karena nantinya akan merembet ke mana-mana. 

"Kalau mulutnya sakit, ibu hamil enggak makan. Ibunya sakit, janinnya juga sakit," kata Eki. "Mulutnya sakit, malas bersihin gigi, bakteri di mulut bisa masuk dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan infeksi di mana-mana," ujarnya menambahkan. 

Eki menjelaskan, segala macam hal yang tertelan nantinya akan terbawa ke dalam darah dan diedarkan ke seluruh tubuh. Saat itulah bakteri yang berasal dari mulut bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya. 

Untuk itulah ia menganjurkan para ibu hamil agar segera pergi ke dokter kandungan atau dokter gigi, jika terjadi permasalahan peradangan gusi maupun gusi berdarah. 

"Ada perawatan tertentu. Tidak boleh rontgen. Itu sebaiknya dihindari," katanya. "Kecuali ada peradangan denyut sampai bengkak. Obat-obatan juga tidak boleh sembarangan," ujarnya menjelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar