Kamis, 16 April 2015

Penyebab Penurunan Gusi yang Bisa Bikin Gigi Ngilu

Gigi Ku Bagus - Tak hanya menipisnya lapisan email gigi yang bisa membuat gigi menjadi sensitif dan sering ngilu. Penyebab lainnya ternyata datang dari kondisi gusi yang tidak sehat. 

Penurunan gusi pun menjadi pencetus ngilu yang dirasakan oleh gigi. Saat penurunan gusi terjadi, lama-kelamaan akar gigi mulai terekspos. Akibatnya, rangsang panas, dingin, atau asam bisa langsung mengenai saraf dan timbullah rasa ngilu yang berlebihan. 

Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, penurunan gusi bisa menyebabkan masalah yang lebih serius lagi. "Kalau gusinya terus turun, giginya akan goyang dan lama kelamaan bisa copot," kata dokter gigi Jehezkiel Maratua, saat ditemui di kawasan Serpong.

Dokter yang akrab disapa Eki itu menjelaskan, salah satu penyebab dari penurunan gusi adalah pemakaian kawat gigi. "Kalau pakai kawat itu kan ditarik. Artinya ada pergerakan tulang pergeseran tulang," ujarnya. "Nah, itu gusinya bisa turun," katanya menambahkan. 

Penurunan gusi atau disebut resesi gingiva juga disebabkan beberapa hal lainnya. Eki menjelaskan faktor usia pun berpengaruh. "Semakin lanjut usianya, kekuatan tulang (gigi) semakin berkurang, akibatnya gusi turun," ujarnya. 

Menumpuknya sisa makanan pada gigi dan celah gusi juga menjadi masalah lainnya. Cara membersihkan gigi yang tidak benar membuat sisa makanan menumpuk, yang akhirnya menjadi plak dan lama kelamaan menjadi karang gigi. 

Kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras pun dinilai bisa membuat gusi menurun. Pasalnya, jika tekanan terlalu besar, akan mengganggu struktur gigi. 

Cara paling mudah untuk menghindari penurunan gusi adalah dengan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur. Menyikat gigi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan gigi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar